Visi dan Misi
Sekolah SMPN 2 Cibungbulang
“Mewujudkan siswa yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berprestasi dalam IPTEK serta berwawasan lingkungan dan global”
Menumbuhkan murid yang religius melalui kegiatan keagamaan.
Membina kemandirian murid melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler.
Menumbuhkan murid yang kreatif dan inovatif melalui kegiatan pembiasaan.
Menanamkan pada diri murid yang memiliki kepribadian berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.
Mengembangkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif berbasis teknologi untuk kepentingan murid.
Menanamkan rasa cinta lingkungan pada murid.
Meningkatkan sekolah berwawasan lingkungan yang aman, nyaman, bersih, dan asri sebagai tempat belajar serta pengelolaannya secara optimal untuk kepentingan murid.
Melaksanakan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, berdiferensiasi yang berpihak kepada murid.
Meningkatkan komitmen warga sekolah dalam melestarikan lingkungan hidup yang berpihak kepada murid.
Mewujudkan lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik:
Menentukan kriteria ketuntasan belajar peserta didik
Menentukan kriteria lulusan terutama pada ujian sekolah untuk semua mata pelajaran
Mengikutsertakan peserta didik untuk kegiatan lomba minimal tingkat kecamatan hingga sampai tingkat nasional.
Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan komunitas belajar sepanjang hayat yaitu guru, peserta didik dan orang tua saling belajar sepanjang hidupnya.
Mengaktifkan kegiatan MGMP sekolah untuk forum diskusi dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan penilaian.
Mengikuti pendidikan dan atau pelatihan yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu untuk dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan, dan wawasan guru agar lebih profesional.
Memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler pilihan berdasarkan minat dan potensi peserta didik dalam segala bidang, misalnya studi club seperti: klub penelitian remaja, club kreativitas siswa, club ajang prestasi siswa, dll.
Melakukan sosialisasi kepada komunitas orang tua terkait dengan pola/strategi pendampingan belajar untuk putra dan putrinya.
Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan Profil Pelajar Pancasila :
Melaksanakan proyek Profil Pelajar Pancasila untuk seluruh peserta didik
Mengintegrasikan nilai Profil Pelajar Pancasila dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian
Mengintegrasikan nilai Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah.
Mewujudkan pendidikan yang menjamin hak belajar bagi setiap peserta didik:
Memfasilitasi pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus
Memfasilitasi pembelajaran dengan mengedepankan persamaan hak “Caring” (peduli) dalam proses pembelajaran, dimana setiap peserta didik saling bantu dan dibantu.
Mewujudkan pendidikan menggunakan pendekatan atau model yang beragam:
Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model yang beragam
Melakukan pembiasaan bagi peserta didik untuk melaksanakan tugas dalam bentuk proyek
Mewujudkan pendidikan mengembangkan keterampilan abad 21:
Melakukan kegiatan belajar mengajar mengembangkan sikap kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.
Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan mengintegrasikan literasi dan numerasi.
Melakukan kegiatan belajar- mengajar dengan menumbuhkan pendidikan karakter.